Laman

Mengatasi Ikon Deep Freeze Yang Hilang

Inspirasi Postingan ini dateng dari pengalaman pribadi nih, kemarin tukang_mimpi mau install program jadi harus boot thawed deep freeze dulu tapi, ikon deep freeze yang ada tray hilang akkhirnya saya coba cari di mbah google dan saya mendapatkan beberapa cara yang tidak bekerja pada laptop saya tapi mungkin bekerja pada laptop/pc kalian. jadi saya posting aja.Berikut cara - caranya :  
cara pertama : 
1. Masuk ke windows explore, 
2. Kemudian masuk program file, 
3. Masuk ke foldernya Deep Freeze (Faronics), 
4. Nah,, masukin terus, sampai gak ada folder lagi selain satu file,, namanya 'FrzState2k' .. 
5. Trus,, keluarkan file ini ke desktop .. drag (geser) aja ,, Sudah ? 

cara kedua : 
1. Cek di folder instalasi Deepfreeze, biasanya di C:/Program Files/Faronics/Deep Freeze/Install C-0/ (direktory silahkan disesuaikan. Apakah ada FrzState2k.exe di folder _$Df (inilah control panel Deepfreeze. kalau tidak ada bisa Anda copy dari komputer lain (copy bersama foldernya/_$Df). 
2. Jalankan dari run atau command prompt “C:/Program Files/Faronics/Deep Freeze/Install C-0/_$Df/FrzState2k.exe “1 106917 (direktory silahkan disesuaikan). (garis miring dibalik) 
3. Kalau Anda berhasil, tray icon Deepfreeze akan muncul kembali. 

cara ketiga mungkin ini cara paling rumit, tapi saya belum pernah coba berikut caranya : 
1. download tool bootable seperti Hirens Boot (versi terakhir kalau bisa) dan burn ke CD. 
2. nyalakan komputer dan boot lewat CD Hirens Boot tersebut dan masuk ke File Manager -> Volkov Commander dengan opsi load driver NTFS Rewriteable (kalau system ente NTFS, kalau bukan gk perlu lah).
3. masuk ke drive partisi system ente, anggap aja drive-nya C: 
4. ketikkan perintah berikut: c:\ cd WINDOWS\system32\drivers ren deepfrz.sys deepfrz.sys.backup copy beep.sys deepfrz.sys * fungsi perintah diatas adalah mengganti driver DF (sehingga menonaktifkan status Frozen) dengan file driver palsu dengan menggunakan file beep.sys. kenapa musti dipalsukan? karena DF masih aktif, maka apabila file asli deepfrz.sys corrupted/rusak/hilang, system akan bluescreen terus menerus. maka dengan cara dipalsukan agar tidak terjadi bluescreen dan boot dengan sukses. 
5. restart komputer dan keluarkan CD Hirens Boot. 
6. apabila sukses masuk ke Windows, silakan coba buat perubahan (tambah folder, file dsb) lalu restart komputer dan lihat apakah ada perubahan (file/folder masih ada atau tidak). jika ada, berarti status Frozen sudah nonaktif, dan saatnya reinstall DF anda. 

cara - cara diatas hanya segelintir cara untuk mengembalikan ikon deep freeze masih banyak cara lain yang bikin pusing kepala untuk memunculkan ikondeep freeze.cara yang satu ini saya temukan secara tidak sengaja karena saya menggunakan laptop, saya tidak sadar kalau baterai laptop saya low, ketika monitor laptop saya mati saya menekan tombol power dan seluruh sistem mati, lalu saya nyalakan lagi komputer dan ikon deep freeze muncul kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar